Minggu, 26 Januari 2014

Usia 6 Bulan, Kenalkan Bayi Pada Makanan Pendamping ASI

Memasuki usia enam bulan, bayi sudah harus diperkenalkan dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).  Namun pemberian makanan ini masih harus memperhatikan banyak hal, pasalnya organ pencernaan bayi masih belum sempurna layaknya orang dewasa. Jika salah memberikan makanan, akan menimbulkan gangguan pencernaan pada si kecil.

Pemberian MPASI juga harus diberikan secara bertahap dan harus sesuai aturan jenis makanan, tekstur dan jumlah porsinya. Selain itu juga harus memperhatikan kekentalan makanan untuk kesiapan bayi dalam menerima makanan. Pada tahap ini, bayi harus diberikan makanan semi padat dan diberikan secara berangsur-angsur dimulai dari satu sendok pada tahap awal, hingga sesuai dengan porsi makanan bayi.

Pada tahap pengenalan ini, sebaiknya bayi diberikan satu jenis makanan terlebih dahulu. Misalnya si kecil diberi pisang, alpukat atau pepaya sebagai bahan makanan tambahan. Namun ketika memberikan makanan tambahan ini, sang ibu juga harus memperhatikan bagaimana reaksi si bayi. Jika dia terlihat menolak makanan yang diberikan, sebaiknya pemberian makanan dihentikan. Biasanya bayi akan memuntahkan makanan tersebut jika Ia menolaknya.

Pada tahap pertama pemberian makanan pendamping, sebaiknya bayi diberikan makanan yang manis. Jadi sebaiknya bayi diberikan buah-buahan pada ujung lidahnya dan sayuran pada bagian bagian tengah. Utamakan pemberian sayuran dibanding buah-buahan, karena citarasa sayuran cenderung langu dan kurang dinikmati bayi. Jikalau terus menerus bayi dikenalkan pada rasa manis, ditakutkan bayi tidak akan menyukai sayuran.

Pada usia 6-9 bulan tekistur makanan sebaiknya makanan cair dan lembut seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran yang dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat, namun tetap harus bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan pada makanan keluarga atau makanan padat namun tetap mempertahankan rasa.

Pada usia ini, hindarkan bayi anda pada makanan-makanan yang dapat mengganggu organ pencernaan. Misalnya saja makanan yang terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam dan berlemak.

Pada masi ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget, atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih keterampilan dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Cerita Unik Terbaru: Usia 6 Bulan, Kenalkan Bayi Pada Makanan Pendamping ASI | www.bookie7.co