Rabu, 12 November 2014

Biografi Valentino Rossi – Pembalap MotoGP

Biografi Valentino Rossi merupakan artikel yang dicari bagi penggila moto GP. Ya pembalap yang memakai nomor 46 ini memang fenomenal hingga Ia mendapat julukan sebagai The Doctor. Rossi kini menjadi pebalap dengan rekor kemenangan terpanjang dalam sejarah Grand Prix.

Rossi lahir di Urbino, Italia 16 Februari 1979. Darah pembalap lahir dari sang ayah, Graziano Rossi yang juga merupakan pembalap pada era 1970-an. Ia diajarkan untuk mengendarai motor sejak usianya masih kecil. Karirnya didunia balap motor baru dimulai saat Ia menginjak usia 13 tahun. Sejak awal menjalani debutnya, Rossi kerap memenangkan balapan pada kejuaraan regional. Akhirnya Ia pun masuk Italian Sport Production Championship 1994.

Tepatnya pada tahun 1995, Ia sukses menjadi juara tiga pada kejuaraan Eropa pada kelas 125 cc. Sementara itu debutnya di kelas dunia dimulai pada Malaysia Grand Prix 1996. Ia sukses finish diposisi  ke-9 dengan mengendarai Aprilia. Akhirnya Ia sukses menjuarai Grand Prix Brno Republik Ceko dan dianugerahi penghargaan Pembalap Termuda untuk kelas 125 cc. Akhirnya Ia berhasil naik level ke 250 cc dengan mengantongi sembilan kali kemenangan.

Nama dan karirnya semakin melejit ketika ia  memutuskan meninggalkan Aprilia dan beralih ke Honda untuk kelas 500 cc di tahun 2000. Bahkan sang juara dunia Michael Doohan dan kepala teknisinya, Jeremy Burgess, dengan senang hati menjadi mentor Rossi untuk tahun pertamanya di Honda. Ia kemudian berhasil menjadi juara dunia 2001 kelas 500 cc. Rossi kemudian naik kelas ke MotoGP dan menjadi juara dunia 2002 dan 2003 bersama Honda.

Pada tahu 2004, Ia memilih keputusan untuk mundur dari Honda dan pindah ke Yamaha. Keputusan ini sontak saja membuat pecinta Moto GP tercengan mengingat Yamaha saat itu terpuruk dan tidak menjanjikan. Namun The doctor sukses membuat mereka bungkam. Ia berhasil finish di posisi pertama Grand Prix Afrika Selatan mengalahkan pesaing terkuatnya Max Biaggi yang saat itu mengendarai Honda. Bahkan, dibawah kendali Rossi nama Yamaha kian melejit  dengan kemenangannya berturut-turut selama musim 2004 dan 2005. Puncaknya ia berhasil mengantongi 100 kemenangan di Dutch TT 2009 sepanjang karirnya.

Keputusan kontroversial kembali diambilnya ketika memilih untuk pindah ke Ducati. Sayang, pada musim 2011-2012 bersama Ducati Ia gagal mempersembahkan trofi karena beberapa faktor seperti kecelakaan. Tepatnya pada kejuaraan Valencia, Ia terjatuh usai ditabrak oleh Alvaro Bautista dan harus puas berada di posisi ketujuh dunia.

Pada musim berikutnya, Rossi akhirnya kembali ke tim Yamaha dan berhasl menjadi  juara pertama di Grand Prix Assen usai mengalahkan Dani Pedrosa, Juni 2013. Diusianya yang sudah semakin tua, Rossi harus bersaing dengan pembalap-pembalap muda yang lebih fresh ketimbang dirinya. Namun pesona The Doctor ini memang selalu menjadi bayangan yang menyeramkan bagi lawan-lawannya.

Ingin tahu bagaimana Biografi pembalap Marc Marquez atau Dani Pedrosa? Silakan kunjungi www.tintabiografi.com. Situs kami menyediakan berbagai ulasan tentang biografi tokoh nasional dan internasional, artis dan penemu-penumu dunia yang memiliki kisah hidup yang menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Cerita Unik Terbaru: Biografi Valentino Rossi – Pembalap MotoGP | www.bookie7.co